Sabtu, 05 November 2011

Sorbane-Oxley

Sorbane-Oxley

Apaan sich itu???
Emmmm,,Sebenernya aku juga baru denger sich Sorbone Oxley itu. Ya udah ayoo kita cari tahu bersama..!!

Guys,,Sorbone Oxley kadang juga disingkat SOx atau Sarbox. Menurut sumber yang aku baca, sorbone oxley merupakan hukum federal Amerika Serikat yang ditetapkan pada 30 Juli 2002 sebagai tanggapan terhadap sejumlah skandal akuntansi perusahaan besar yang termasuk di antaranya melibatkan Enron, Tyco International, Adelphia, Peregrine Systems dan WorldCom.

Dari pengertian di atas disebutkan sorbone oxley merupakan hukum federal Amerika Serikat sebagai tanggapan terhadap sejumlah skandal.
Nah apa sich skandal-skandal itu??
Skandal itu adalah Skandal-skandal yang menyebabkan kerugian bilyunan dolar bagi investor karena runtuhnya harga saham perusahaan-perusahaan yang terpengaruh ini mengguncang kepercayaan masyarakat terhadap pasar saham nasional.

Akta dari Sarbanes-Oxley itu sendiri diberi nama berdasarkan dua sponsornya, yaitu Senator Paul Sarbanes (D-MD) and Representatif Michael G. Oxley (R-OH), ini disetujui oleh Dewan dengan suara 423-3 dan oleh Senat dengan suara 99-0 serta disahkan menjadi hukum oleh Presiden George W. Bush. Wooooww hebat yach… J

Dan menurut sumber yang aku baca Akta ini terdiri dari 11 judul atau bagian yang menetapkan hal-hal mulai dari tanggung jawab tambahan Dewan Perusahaan hingga hukuman pidana. Sarbox juga menuntut Securities and Exchange Commission (SEC) untuk menerapkan aturan persyaratan baru untuk menaati hukum ini. Perundang-undangan ini menetapkan suatu standar baru dan lebih baik bagi semua dewan dan manajemen perusahaan publik serta kantor akuntan publik walaupun tidak berlaku bagi perusahaan tertutup. Jadi gitu teman-teman…

Guys,,dalam suatu aturan pasti ada yang namanya pro dan kontra, Sarbanes-Oxley juga menimbulkan pro dan kontra di tengah-tengah masyarakat. Berikut ini aku akan beritahu perdebatan tersebut.

Yang pertama aku akan beritahu dahulu yang pro terhadap Sarbanes-Oxley, dari sumber yang aku dapat mengatakan bahwa, Para pendukungnya merasa bahwa aturan ini diperlukan dan memegang peranan penting untuk mengembalikan kepercayaan publik terhadap pasar modal nasional dengan antara lain memperkuat pengawasan akuntansi perusahaan.

Nahh,,setelah kita tahu yang pro terhadap Sarbanes-Oxley, aku akan memberitahu alasan yang menolak aturan tersebut, para penentangnya berkilah bahwa Sarbox tidak diperlukan dan campur tangan pemerintah dalam manajemen perusahaan menempatkan perusahaan-perusahaan AS pada kerugian kompetitif terhadap perusahaan asing. Emmmm,,pusing juga yach…???

Teman-teman, Sarbox juga menetapkan suatu lembaga semi pemerintah, Public Company Accounting Oversight Board (PCAOB), yang bertugas mengawasi, mengatur, memeriksa, dan mendisiplinkan kantor-kantor akuntan dalam peranan mereka sebagai auditor perusahaan publik. Sarbox juga mengatur masalah-masalah seperti kebebasan auditor, tata kelola perusahaan, penilaian pengendalian internal, serta pengungkapan laporan keuangan yang lebih dikembangkan.

Jadi begitu teman-teman. Sekarang udah pahamkan tentang Sarbanes-Oxley??

Semoga artikel aku ini dapat bermanfaat bagi yang membacanya… J







Tidak ada komentar:

Posting Komentar